Like Us


Informasi terbaru dari Google for Education untuk pengguna Google Workspace for Education di sekolah maupun madrasah. Berkaitan dengan informasi pada tanggal 28 Juni 2022 yang lalu, yaitu Google Drive tidak lagi unlimited, tapi menerapkan model penyimpanan gabungan baru. Mulai 23 Januari 2023, Google for Education akan mulai meluncurkan pembaruan pada setelan default untuk pengaturan batas penyimpanan drive bersama dan pembuatan drive bersama untuk semua pelanggan Google Workspace for Education. Pengaturan ini mempermudah pengelolaan cara pengguna di lembaga kita dalam menggunakan penyimpanan dan mengurangi kemungkinan pertumbuhan penyimpanan yang tidak terduga melalui drive bersama.

Kepada rekan-rekan admin dari Google Workspace for Education dan rekan-rekan sebagai pengguna akun dari Google Workspace for Education, diinformasikan kembali bahwa Google Drive rekan-rekan tidak lagi unlimited, tapi terbatas dan batasan tersebut akan diatur oleh admin pada akun Google Workspace for Education tersebut, dikarenakan sekarang sekolah, madrasah maupun universitas kini hanya memiliki basis penyimpanan gabungan sebesar 100 TB yang digunakan bersama oleh semua pengguna dan akun. 

Kepada para pengguna yang memilki penyimpanan lebih dari 100 GB untuk segera dibackup atau dipindahkan ke storage lain, karena admin akan menetapkan maksimal 100 GB atau custom sesuai dengan hasil analisis pengguna akun.


TANYA JAWAB!

Apa yang dimaksud dengan penyimpanan gabungan? Apa yang diperhitungkan dalam penyimpanan gabungan?

Jawab: Penyimpanan gabungan adalah penyimpanan yang digunakan bersama oleh semua pengguna Anda untuk semua yang ada di akun dan drive bersama mereka. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, file Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Mulai 2 Mei 2022, file Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Gambar, dan Jamboard baru dan yang diperbarui akan mengurangi kuota penyimpanan organisasi Anda.

Untuk mengelola bagaimana penyimpanan gabungan Anda dialokasikan ke pengguna, Anda dapat menggunakan konsol Admin untuk menetapkan batas yang berbeda untuk grup pengguna yang berbeda.

Catatan : Pesan yang dihapus dan file yang dipertahankan oleh Google Vault tidak mengurangi kuota penyimpanan pengguna atau total penyimpanan gabungan institusi Anda.


Berapa banyak penyimpanan yang disertakan dengan Google Workspace for Education?
Jawab: Sekolah dan universitas memiliki basis penyimpanan gabungan sebesar 100 TB yang digunakan bersama oleh semua pengguna dan akun.

Bagaimana jika saya membutuhkan lebih banyak penyimpanan?

Jawab: Organisasi yang memerlukan penyimpanan tambahan dapat menghapus konten yang ada atau mengupgrade edisi Google Workspace for Education mereka. Pelanggan Education Plus juga dapat membeli Penyimpanan Tambahan Workspace untuk meningkatkan penyimpanan gabungan mereka dalam peningkatan 10 TB.


Apa yang terjadi jika pengguna atau domain melebihi batas penyimpanannya?

Jawab: Jika seorang pengguna individu melebihi batas penyimpanannya, akan ada dampak layanan langsung.

Jika domain melebihi batas penyimpanan sebesar 25% atau selama 14 hari (mana saja yang lebih dulu), layanan berikut akan terpengaruh:

  • Mereka tidak dapat mengupload file atau gambar baru ke Google Drive.
  • Mereka tidak dapat membuat file di aplikasi pembuatan konten kolaboratif, seperti Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, dan Jamboard. Sampai mereka mengurangi penggunaan penyimpanan, tidak ada yang dapat mengedit atau menyalin file mereka yang terpengaruh atau mengirimkan formulir milik pengguna.
  • Mereka tidak dapat mencadangkan foto atau video apa pun ke Google Foto.
  • Mereka tidak dapat merekam rapat baru di Google Meet.
  • Mereka tetap dapat login dan mengakses akun Google Workspace for Education, melihat dan mendownload file, serta mengirim dan menerima email.

Di Google Classroom, jika ruang penyimpanan guru penuh: 

  1. Pengajar tidak dapat membuat tugas dengan file baru yang belum mereka unggah atau buat.
  2. Pengajar tidak dapat mengekspor nilai ke Google Spreadsheet.
  3. Siswa tidak dapat mengirimkan tugas dengan lampiran file.
  4. Jika penyimpanan siswa penuh, siswa tidak dapat mengakses file di Tugas yang meminta siswa untuk membuat salinan.

Catatan : Pengguna dengan lisensi Google Workspace selain Education tidak dapat mengirim dan menerima email jika melebihi batas penyimpanan.

6 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama