Sejarah Edutech Madrasah


Saat itu pada tahun 2013 kami, Harlan (MIN 12 Cijantung), Catur Yoga Meiningdias (MAN 9 Jakarta), Ali Hasan (MI Al Husna), Alung (MTS Hasanatuddarain) dan beberapa kawan lainnya membentuk TIM Operator yang membantu Madrasah lain dalam penggunaan EMIS, dan berlanjut pada tahun 2014 adanya SIMPATIKA. MAN 9 Jakarta merupakan base camp para tim operator DKI Jakarta untuk mengujicoba aplikasi, kami sebenarnya adalah Guru dan Operator merupakan tugas tambahan kami.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2014, dimana saat itu pertama kali domain madrasah[dot]id dibeli untuk keperluan Operator EMIS DKI Jakarta dalam membuat website dan email untuk berbagi informasi sesama operator. Dan pada bulan Desember 2014, Catur Yoga Meiningdias mengajukan diri sebagai Pemimpin Google Educators Group (GEG) East Jakarta ke Google Educators Group (GEG) Indonesia.  

Seiring waktu sejak tahun 2015 GEG East Jakarta mengadakan kegiatan lebih dari 60 kali se DKI Jakarta, untuk Madrasah maupun Sekolah Umum. TIM GEG East Jakarta, antara lain, Catur Yoga M (Leader GEG EJ), Okdafid (Co. Leader GEG EJ), Badrun Fuady, Anik Sutartik, Kapi Mubarok, Ammar Suhada, Agus Priyanto, M. Abdul Aziz, Adhitya Yulian Dewanto, Zaenal Jamaludin, Endri Aprianto, Fahri Parluhutan, Suningsih, Anita, Temy, Siti Fatonah, Dewi, Haryati, Asep Gunawan Dan Alhamdulillah GEG East Jakarta menjadi salah satu Komunitas Terbaik GEG se Asia Pasifik dan diundang ke Google Singapura bersama dengan GEG Terbaik lainnya.


Pada Tahun 2016, Catur Yoga Meiningdias mengajukan diri sebagai Microsoft Innovative Educator (MIE) Expert, dan diterima. Sejak saat itu dimulai banyak pelatihan dengan materi-materi Microsoft Education.

Dimulai dari situlah terbentuk Edutech Madrasah, dikarenakan pelatihan yang diberikan bukan hanya materi Google for Education saja tetapi juga Microsoft Education dan materi lainnya.

Banyak pelatihan yang diberikan secara gratis oleh Edutech Madrasah, seiring waktu satu persatu TIM Edutech Madrasah yang berasal dari GEG East Jakarta memiliki kesibukan masing-masing, sibuk dan bepencar, sehingga dan pada akhirnya di tahun 2017 Catur Yoga Meiningdias, mendapatkan Peserta Terbaik pada Workshop 1000 Web Blog Guru Madrasah, yaitu Bapak Ade Rohman. Dimulai saat itu Edutech Madrasah kegiatan diwarnai oleh Catur Yoga Meiningdias, Ade Rohman, Kapi Mubarok, Fahrul Tajudin, Ali Hasan, M. Dzaki, Habiel Habibilah, Eka Suyatno, dan Mupid.


Tahun 2020 dengan hasil Musyawarah TIM Edutech Madrasah, terbentuklah Edutech Madrasah Indonesia dengan resmi dan Berbadan Hukum dengan Ketua Umum: Ade Rohman, Sekretaris: Syahabudin, dan Bendahara: Fahrul Tajudin. 

Yayasan Education Technology Madrasah Indonesia dengan Nomor 04 Tahun 2020 | AHU-0008599.ah.01.04. Tahun 2020



39 Komentar

  1. Semoga kedepan semakin kuat, dan lebih bermanfaat bagi umat

    BalasHapus
  2. Amiin, dan semoga menjadikan amaliah ibadah bagi semua TIM

    BalasHapus
  3. Sukses terus untuk Edutech Madrasah Indonesia, semoga semakin berkah

    BalasHapus
  4. Semoga Edutech Madrasah semakin maju dan menebar banyak kebaikan kepada sesama serta ikut berperan besar mejadikan pendidikan di Indonesia semakin baik lagi.

    BalasHapus
  5. Teruslah memberi manfaat bagi ummat, dan semoga amalannya menjadi aliran amal jariah

    BalasHapus
  6. Semoga edutech madrasah selalu terdepan dalam menebar kebaikan dan kemanfaatan untuk kemajuan pendidikan madrasah khususnya, para pengurusnya selalu diberi kesehatan dan keikhlasan sehingga lelah dgn lillah akan mendapat kebahgiaan dunia dan akhirat kelak aamiin

    BalasHapus
  7. Semoga edutech madrasah selalu terdepan dalam menebar kebaikan dan kemanfaatan untuk kemajuan pendidikan madrasah khususnya. Para pengurusnya semoga slalu diberi kesehatan dan keberkahan serta keikhlasan sehingga lelah yang lillah akan didapat kebahagiaan dunia maupun akhirat kelak aamiin

    BalasHapus
  8. Semoga kita diberikan kekuatan lahir dan batin, rasa kebersamaan dan kekompakan yg kuat sehingga semakin berkembang edutech madrasah, aamiin. Salam kompak untuk kita semua, We're a brother !

    BalasHapus
  9. Saya suka edutech madrasah karena non profit oriented... ikhlas mengajarkan PTK se Indonesia dengan ikhlas dan penuh semangat... salam EDUMA... EDUMA selalu di hati.

    BalasHapus
  10. Bangga dan bersyukur jadi bagian dari Edutech Madrasah, Selalu menebar kebaikan Ilmu Pengetahuan, Semoga semua ini jadi bagian amal jariah kita di hadapan Allah. Amin ya Rabbal Alamin

    BalasHapus
  11. Aamiin YRA
    Semoga terus berkarya yang bermanfaat bagi umat

    BalasHapus
  12. Insya allah bermanfaat untuk pengembangan kapasitas pendidikan, khususnya di Madrasah. .Semoga tetap berkiprah terus dengan inovasinya. Amin

    BalasHapus
  13. Terharu dan bangga sekali rasanya.. sebagai org awam IT sy sangat2 banyak berterima kasih dg EduMa disini sy banyak mendapatkan ilmu dilatih para pelatih2 hebat dan luarbiasa ikhlas dlm membimbing anggota. Luar biasa perannya dlm memajukan pendidikan di madrasah

    BalasHapus
  14. Kami mendoakan semoga tercapai apa yg di citakan dan menjadi amaliyah yg mendapatkan pahala yg tinggi disisi Allah. AAMIIN..

    BalasHapus
  15. Salam sukses pak catur dan ade rohman dkk....
    Saya boleh minta no wa nya??
    Ini wa saya, 085262948340 (Pak Sur)

    BalasHapus
  16. Semoga semakin berkembang, dikenal, bermanfaa. Tetap low profile, meski dengan segunung potensi yang luar biasa

    keep spirit TIM EDUTECH MADRASAH

    BalasHapus
  17. Mantap, maju terus Edutech Madrasah Indonesia. Kami hadir bersama warga Madrasah, dari madrasah dan untuk madrasah. Semoga Allah Swt senantiasa memberikan hidayah, kekuatan dan keberkahan untuk kita semua. Salam untuk semua

    BalasHapus
  18. Mantap..... Semoga bermanfaat untuk semua...

    BalasHapus
  19. Alhamdulilah bisa bergabung dengan eduma, maju terus eduma semoga allah mudahkan semua kegiatan eduma. Amin....

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah...
    Baarokalloh...
    Sukses selalu...
    Semoga selalu menginspirasi, berbagi ilmu dan bermanfaat untuk ummat...
    Aamiin ya rabbal'aalamiin...

    BalasHapus
  21. Luar biasa pak sudah menginisialiaasi suatu wadah utk meningkatkan kompetensi guru. Saya sudah banyak merasakan manfaat nya. Semoga ini akan jadi amal jariyah

    BalasHapus
  22. Semoga kedepan semakin SUkses, dan makin bermanfaat bagi umat

    BalasHapus
  23. Sebuah perjalanan panjang yg penuh perjuangan dan pengorbanan. .Begitulah sunnah sebuah organisasi besar awalnya berdiri. Dengan demikian syarat untuk menjadi besar sudah terpenuhi, tinggal manajemen selanjutnya akan membuktikan bahwa organisasi eduma akan membesar dan memberi banyak Manfaat. Sukses for eduma

    BalasHapus
  24. Perjuangan yang luar biasa dari para perintis EduMa, hasil dari perjuangan tersebut sekarang telah memberikan sejuta manfaat bagi guru diseluruh Indonesia khususnya saya pribadi, semenjak dishare kegitan pelatihan jarak jauh di grup wa saya tertarik dan menjadi anggota ternyata setelah mengikuti pelatihan bukan hanya pelatihannya yang bermanfaat, tetapi bimbingan dari para master yang sangat ramah dan sabar dalam membimbing saya pribadi yang masih belajar dalam teknologi.
    Semoga Edutch Madrasah Indonesia semakin jaya, sukses, terus memberikan ilmu bagi kami.
    Semoga ilmu dan kerja keras para master menjadi ladang amal dan dibalas kebaikan berlipat ganda oleh Allah SWT.Amiin..

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah
    Bangga menjadi bagian learning organitation Edutech Madrasah Indonesia

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah
    Semoga edutecd madrasah semakin maju dan menebar kebaikan sebagai mana seperti jargon logo kemenag "IKHLAS BERAMAL", jaya terus edutech madrasah..

    BalasHapus
  27. Semoga bisa menjadi sarana untuk silaturahmi dan berbagi ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  28. Semoga edutech madrasah selalu menjadi yang terbaik,,

    BalasHapus

Posting Komentar