Google Suite for Education versi Enterprise memiliki fasilitas Breakout Room yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat kelompok-kelompok tertentu secara virtual, dan fasilitas lainnya seperti Polling dan Tanya Jawab.

Dalam kelompok yang lebih kecil, siswa memiliki lebih banyak waktu untuk berbicara dan berbagi pemikiran mereka. Kelompok kecil juga lebih kondusif untuk berdiskusi. Dan mereka sangat membantu bagi siswa yang merasa tidak nyaman berbicara dalam kelompok besar. Manfaat lain dari ruang kelompok adalah bahwa mereka menambah variasi pada pelajaran online, membantu membuat siswa tetap tertarik dan penuh perhatian.

Sebagai guru, Anda dapat mampir ke setiap ruang kelompok untuk memeriksa siswa dan menawarkan bimbingan. Siswa juga dapat mengambil kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Anda.

Ruang kelompok dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk bertukar pikiran, bermain peran, proyek kelompok, dan diskusi kelompok kecil. Dan siswa dapat menggunakan berbagai alat dari kotak alat sinkron untuk menyelesaikannya.

Di ruang kelompok mereka, siswa dapat bertukar pikiran tentang daftar cara menghemat energi di rumah. Satu siswa dari setiap ruang breakout dapat menuliskan jawaban kelompok di papan tulis, dan kemudian membagikannya dengan kelas. Atau Anda dapat menetapkan teks, seperti biografi, untuk dibaca siswa di ruang kelompok mereka. Kemudian mereka dapat menggunakan alat obrolan untuk mendiskusikan apa yang menurut mereka merupakan fakta paling menarik yang mereka pelajari.

Sebelum mengirim siswa ke ruang kelompok, pastikan untuk menjelaskan tugas mereka dan berapa lama waktu yang mereka miliki untuk menyelesaikannya. Ketika waktunya habis, mintalah siswa berkumpul kembali di "ruang kelas utama" untuk berbagi pekerjaan mereka. Jika siswa mempersiapkan permainan peran di ruang istirahat mereka, mereka dapat memerankannya di depan kelas ketika mereka berkumpul kembali.

Ruang kelompok memungkinkan siswa untuk lebih mengenal satu sama lain. Mereka meningkatkan pengalaman belajar yang sinkron, dan membantu transisi dari pembelajaran langsung ke pembelajaran online menjadi lebih mulus.

Sumber: 

https://support.google.com/edu/classroom/answer/10099500?hl=id

https://edusoftlearning.com


2 Komentar

  1. Terimakasih master... Terimakasih edutech madrasah

    BalasHapus
  2. Wah makin kren nih Google meet, terimaksih infonya,.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama