Like Us

Jakarta (Humas MAN 9) -- Guru TIK MAN 9 Jakarta Catur Yoga Meiningdias diundang oleh Wakil Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Persis 69 Jakarta Timur Arif Rahmat Akbar untuk memberikan pelatihan singkat mengenai langkah-langkah membuat soal berbasis komputer, dimana soal tersebut akan digunakan untuk TryOut Ujian Nasioal Berbasis Komputer di MA Persis 69. Bertempat di Laboratorium dan dihadiri 11 guru mata pelajaran UNBK MA dan dibantu oleh Teknisi UNBK Persis 69 Jakarta Timur Tatang Surya Atmaja, kegiatan dimulai pukul 08.30 sampai 11.30, (31/3).
Arif Rahmat Akbar mengatakan kegiatan ini sangat penting karena kedepannya MA Persis 69 Jakarta Timur akan menerapkan ulangan harian dan ujian berbasis komputer, semua guru diperbolehkan menggunakan laboratorium komputer untuk membuat soal ujian dan melaksanakan ujian berbasis komputer, setiap guru wajib mampu membuat soal berbasis komputer yang telah diterangkan atau dipraktikan oleh Catur Yoga Meiningdias di workshop hari ini.
Aplikasi ujian berbasis komputer atau dikenal dengan Computer Based Test (CBT) yang digunakan pada workshop ini adalah Learning Management System (LMS) Moodle, yang telah dibuat menjadi Virtual System berekstension (.vhd), sehingga dapat dipindahkan dari server/komputer lain yang telah diinstal Virtual Box. Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat men-download aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama